10 Penyebab Kematian Tertinggi, Pola Makan Tidak Sehat Nomor 1


JAKARTA – Penyebab kematian tertinggi didunia beralih drastis. Hasil penelitian terbaru yang dikerjakan oleh Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) mengatakan bahwa pola makan tidak sehat jadi penyumbang kematian tertinggi didunia. 
Dalam riset ini, beberapa pakar mengkaji 79 resiko kesehatan dengan menggunakan data dari 108 negara yang di ambil dari tahun 1990 sampai 2013. Akhirnya cukup mengagetkan. Penyebab kematian paling tinggi dari tahun ke tahun senantiasa beralih. 

Pada tahun 2013, 21 % dari kematian global bisa dihubungkan dengan tingginya mengkonsumsi daging merah serta minuman berpemanis, serta kurangnya mengkonsumsi buah, sayuran serta biji-bijian. 
Dengan cara global, pemicu kematian paling tinggi didunia yaitu pola makan yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi daging terlalu banyak serta sangatlah tidak sering konsumsi buah-buahan. 

Seperti dikutif dari Daily Mail, Sabtu (12/9), walau darah tinggi tempati urutan pertama dalam daftar 10 penyebab kematian paling tinggi didunia, tetapi penyumbang darah tinggi juga datang dari pola makan tidak sehat. 
Desakan darah berperan pada 10, 4 juta kematian didunia. Desakan darah tinggi tumbuh 39, 9 % untuk wanita serta 59 % untuk laki-laki. 

Sebagian aspek penyebab darah tinggi yaitu pola makan tidak sehat, kurang gerak, berat tubuh berlebihan, rutinitas minuman beralkohol. 
Beberapa pakar menyampaikan, tekanan darah tinggi memberikan peran pada keseluruhan 30, 8 juta kematian pada 2013. Angka itu naik seperlima dari 25, 1 juta kematian pada tahun 1990. 

“Ada potensi besar untuk tingkatkan kesehatan dengan hindari resiko spesifik seperti merokok serta pola makan yang jelek dan menanggulangi resiko lingkungan seperti polusi udara, ” papar Direktur IHME, Dr Christopher Murray. 

Inilah 10 penyebab kematian paling tinggi didunia : 
1. Tekanan darah tinggi 
2. Merokok 
3. Indeks massa badan yang tinggi 
4. Kandungan gula darah yang tinggi 
5. Mengkonsumsi garam yang berlebihan 
6. Kurangnya mengkonsumsi buah-buahan 
7. Polusi udara diluar ruang 
8. Polusi udara yang datang dari peralatan rumah tangga 
9. Cholesterol tinggi 
10. Alkohol
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment